Fungsi Oli Samping untuk Sepeda Motor 2 Tak


Ada banyak pilihan oli samping di https://ilti.idemitsu.com/oli-samping-idemitsu-perawatan-terbaik-untuk-motor-2-tak/ yang akan membantu Anda dalam menjaga performa sepeda motor 2 tak milik Anda. Namun, meskipun Anda sudah mengetahui bahwa motor 2 tak membutuhkannya, mungkin masih banyak yang belum benar-benar paham apa saja fungsi sebenarnya dari oli ini.


Lalu, fungsi apa saja yang dimiliki oli samping dalam menjaga performa sepeda motor 2 tak? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

        Melumaskan mesin pada sepeda motor
Sama dengan oli untuk sepeda motor lain, oli samping mempunyai fungsi utama sebagai pelumas. Ketika dimasukkan, oli akan mengalir ke dalam silinder serta kepala mesin. Anda yang paham dengan bagian-bagian sepeda motor pastinya tahu kalau silinder pada kendaraan ini memiliki daya gesek cepat dan kuat. Oli samping dengan kualitas baik akan semakin mengoptimalkan kinerja silinder dalam jangka waktu tertentu.

        Menjaga stabilitas silinder dan kepala mesin
Menyambung dari poin sebelumnya, pemberian oli samping pada sepeda motor 2 tak turut menjaga stabilitas dalam silinder dan kepala mesin. Jika Anda tidak segera memberikan oli samping, maka ada kemungkinan silinder akan mengalami kerusakan. Komponen motor lainnya yang ikut terpengaruh adalah piston yang mudah macet saat volume oli samping berkurang. Piston pun akan aus pada bagian ring dan kruk .

        Memberikan dampak pada performa mesin 2 tak
Oli samping termasuk jenis yang bisa disetel. Artinya, Anda dapat menyesuaikan tingkat pemakaian hingga jenis oli samping berdasarkan kebutuhan sepeda motor 2 tak. Biasanya Anda tak akan dapat masalah kalau kualitas oli samping yang dipakai memang bagus. Penyetelan berjalan mulus dan sepeda motor bisa diajak beraktivitas tanpa mengalami banyak kendala. Sementara salah menyetel akan membuat mesin ngebul hingga berjelaga pada piston serta kepala mesin.

Apa yang terjadi saat mesin 2 tak tak segera mendapatkan oli samping?

Dengan memahami fungsi oli samping di atas, semestinya Anda tak lagi malas untuk mengisi ulang mesin 2 tak saat oli habis. Sayangnya, beberapa orang masih menganggap langkah tersebut merepotkan. Akibatnya, ada sejumlah efek samping yang dirasakan sepeda motor 2 tak beserta komponen di dalamnya, di antaranya:

1.       Piston menjadi komponen yang akan mengalami dampak paling serius dan fatal, dari macet hingga terkunci gara-gara oli samping yang terlalu kering. Belum lagi baret parah pada silinder yang akan menyebabkan kerusakan.

2.       Leher bambu akan mengalami keausan yang menambah tingkat kerusakan pada sepeda motor. Bengkoknya stang piston adalah dampak terakhir yang akan Anda dapatkan saat malas mengisi ulang oli samping.

Semoga dengan informasi ini Anda dapat lebih rajin merawat sepeda motor 2 tak, terutama saat mengganti oli sampingnya.

Post a Comment

0 Comments