Kelebihan dan Kekurangan P2P Lending


Berdiri pada tahun 2010 lalu, Amartha merupakan pionir fintech online yang ada di Indonesia. Financial technology Amartha dijalankan secara online dan dapat menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam secara langsung. Financial Technology milik Amartha berupa p2p lending yang akan memberikan keuntungan menarik bagi peminjam dan pemberi pinjaman. Untuk per tahunnya, pengguna layanan Amartha akan mendapatkan keuntungan sebesar 15%. Karena merupakan jasa keuangan yang telah terdaftar OJK, layanan-layanan yang diberikan oleh Amartha dapat dipercaya. Sebelum memanfaatkan layanan Peer to Peer, ada baiknya kita mengetahui pengertian, kelebihan dan kekurangan dan layanan keuangan tersebut.


Peer to Peer Lending adalah layanan jasa keuangan yang mempertemukan peminjam dan pemberi dana melalui sistem elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet. Layanan ini berbadan hukum dan memberikan jaminan keamanan bagi peminjam maupun kepada pemberi pinjaman. Pemberi pinjaman dikenal dengan nama investor sedangkan peminjam disebut dengan borrower. Segala jenis layanan dan peraturan yang berkaitan dengan layanan keuangan modern ini telah diatur oleh OJK.

Jika kita menelisik lebih jauh akan kelebihan dari layanan keuangan fintech, kita tidak akan merasa ragu untuk memanfaatkannya. Untuk mengetahui kelebihan layanan fintech dengan lebih baik, simak ulasannya di bawah ini:

a.     Kelebihan untuk borrower atau peminjam

-       Peminjam akan mendapatkan suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditetapkan oleh bank. Suku bunga pinjaman pribadi bahkan bernilai rendah daripada tagihan kartu kredit.
-       Proses pengajuan pinjaman dilakukan dengan mudah dan cepat. Ketika melakukan pinjaman, peminjam tidak perlu mengajukan persyaratan tertentu. Dapat dikatakan, proses pinjaman tidak perlu melalui proses yang formal.
-       Jika peminjam sebelumnya memiliki reputasi yang buruk, mereka dapat memberikan penjelasan mengenai kondisinya terakhir. Peminjam bahkan dapat mengajukan pinjaman dengan alasan tertentu selama investor bersedia untuk meminjamkan dananya.

b.    Kelebihan bagi peminjam dana

Kelebihan peminjam dana ketika menginvestasikan dananya adalah tidak perlu merasa bingung untuk mengalokasikan dana yang mereka miliki, suku bunga yang menjanjikan, memperoleh keuntungan dalam jumlah besardan tidak perlu memberikan jaminan ketika melakukan pinjaman.

Layanan keuangan p2p juga memiliki kekurangan bagi peminjam dan pemberi dana. Bagi peminjam, mereka akan dikenakan suku bunga yang tinggi ketika kelayakan peminjam jatuh. Ketika telat melakukan pembayaran pinjaman, jumlah pinjaman yang harus dibayarkan akan bertambah besar. Ragihan akan terus bertambah ketika pinjaman dilakukan dalam waktu lama.

Untuk pemberi pinjaman sendiri, kekurangan yang akan mereka alami berupa kesulitan dalam menarik dana yang mereka investasikan. Pendana tidak memiliki kesempatan menarik uang pada waktu yang mereka inginkan. Dana yang dipinjamkan bahkan dapat menghilang ketika peminjam tidak mampu mengembalikan uang yang mereka pinjam.

Post a Comment

0 Comments