Awas Ancaman Hari Ini Jam 18:00 Wib Mohon Matikan Smartphone Anda Dapat Meledak

Hari ini pada jam 18:00 wib Mohon matikan smartphone Anda alasannya Perusahaan hacker yang berpusat di Amerika akan mengembangkan virus keseluruh pengguna smartphone yang ada di dunia. Dan virus ini sangat berbahaya alasannya akan menciptakan smartphone anda "MELEDAK" Hanya dalam hitungan 60 detik sehabis terjangkit virus ini. Sebarkan info ini pada sobat anda semoga mereka terhindar dari serangan virus mematikan ini di smarphone  mereka. Ini BUKAN HOAX ..!!





Bagaimana perasaan Anda ketika membaca judul artikel ini dan  juga jikalau tiba-tiba pesan diatas tadi muncul di layar smarphone Anda. Apa yang akan Anda lakukan..? pertama niscaya ada diantara kalian akan langsung  percaya,kaget dan buru-buru mengembangkan isu tersebut keteman kalian.Dan itu sudah menjadi kebiasaan para pengguna smartphone yang mempunyai media sosial,dan mereka tidak menyaring apakah isu itu benar dan akurat serta sanggup dipertanggung jawabkan atau tidak . Itulah kebiasaan yang biasa terjadi pada umumnya ketika ini kita temui.

Kebiasaan kita yang segera menshare,mengomentari isu hoax menjadi target empuk para HOAXer (Para pembuat isu hoax). Dan pembuat isu hoax menjadi untung dan senang alasannya misinya berhasil dan menerima bayaran dari pemesan isu hoax tersebut  sedangkan kita malah menjadi cemas dan was-was alasannya tergoda isu hoax.

Saya masih sering mendapati teman-teman saya mengembangkan yang jelas-jelas isu hoax baik di Facebook,whatsapp,instagram dan lain-Lain. Yang sering saya temui yaitu mengembangkan isu bohong ibarat "bila anda tidak mengembangkan isu ini maka anda akan sakit,keluarga anda akan terkena kutukan" dan teman-teman saya yang sekolahnya tinggipun masih mengembangkan berita-berita tersebut.Dengan demikian sanggup kita buktikan bahwa isu hoax sanggup menyerang kaum cerdas yang sekolahnya tinggi. 

Hoax yaitu sebuah isu palsu sebetulnya sudah usang ada semenjak dulu kala sebelum media umum ada,namun dulu isu hoax disebarkan melalui surat kaleng atau dari verbal ke verbal .Berita hoax yaitu isu palsu atau bohong yang  tujuannya yaitu untuk menciptakan kehebohan dan menjadikan ketakutan dimasyarakat dan yang paling membahayakan  akan merusak kesatuan dan persatuan sebuah negara.

Akademisi Komarudin Hidayat menyampaikan momok dari penyebaran isu bohong atau hoax tak ubahnya ibarat peredaran narkotik dan pornografi. Bila dibiarkan, kata dia, isu hoax sanggup membahayakan dan merugikan masyarakat.

"Hoax itu pembunuhan abjad yang berbeda dengan kritik. Kalau kritik silakan, tapi kalau hoax saya anti, alasannya merupakan manipulasi, kecurangan, yang sanggup menjatuhkan orang lain," ujar Komarudin dalam program Deklarasi Masyarakat Anti Hoax di Jakarta, Minggu (8/1).

Mantan rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan, hoax merupakan tindakan kriminal di wilayah cyber. Hoax disebut hadir dari perilaku mental yang mengesampingkan integritas, terutama hoax yang muncul mengatas namakan agama.




Karena efek hoax yang sangat luar biasa tersebut kita harus sanggup menangkalnya dengan cara :


  1. Baca sumber isu apakah terperinci atau tidak dan sumber isu sanggup dipercaya atau tidak.
  2. Mengabaikan Berita hoax yang kita terima alias kita diamkan aja
  3. Jangan sekali kali  tanggapi atau dikomentari isu tersebut apalagi kita share isu tersebut yang tidak terperinci sumbernya.Jika kita tidak komentari,tidak memberi  like  dan tidak mengembangkan maka isu hoax tersebut tidak akan menjadi viral dan pengirim isu hoax akan merasa gagal.
  4. Harus Cuex dan Kritis,kita harus mempunyai sifat cuex dan kritis terhadap berita-berita yang kita terima yang sumbernya nggak terperinci dan nggak valid serta tidka sanggup dipertanggung jawabkan kebenarnya.Sikap kritis disini kita diperlukan sanggup menyaring mana isu yang benar dan mana yang isu benar-benar hoax yang akan menciptakan bingung .
  5. Jangan Praktis percaya dengan gambar-gambar yang diberikan dalam isu hoax semoga kita tidak gampang tergoda oleh isu hoax tersebut.



Demikianlah cara cerdas menangkal isu hoax semoga bermanfaat dan kita benar-benar sanggup menentukan isu yang benar-benar isu atau info yang bermanfaat atau hanya sekedar hoax.

JANGAN BUANG-BUANG WAKTUMU HANYA UNTUK MENYEBAR BERITA BOHONG
BIJAKLAH DALAM MENERIMA DAN MENYEBARKAN BERITA
JADILAH MANUSIA YANG BERMANFAAT 
AWAS BAHAYA LATEN NGAPUSI...!!!

Post a Comment

0 Comments