7 Makanan Khas Bantul Yang Wajib Anda Tahu Dan Rasakan Nikmatnya

Haloo...sahabat gimana kabar kali ini..moga selalu sehat dan senang bersama orang-orang yang Anda cintai. Kali ini aku akan ulas ihwal kuliner khas kawasan Bantul yang wajib Anda ketahui dan Rasakan ketika Anda berwisata kedaerah Bantul mirip di Pantai Parang Tritis,Gumuk Pasir Parangkusumo,curug pulosari,hutan pinus mangunan dan wisata kawasan bantul lainnya.

Yuk silahkan disimak ini beliau kuliner khas kawasan bantul,Yogyakarta yang wajib anda tahu dan cicipi yaitu :



  1. Geplak . Cemilan khas bantul yang satu ini terbuat dari materi dasar tepung beras dan parutan kelapa serta air gula . Bentuknya yang warna warni sangat menarik apalagi yang rasanya anggun menciptakan sahabat yang suka dengan kuliner anggun akan dimanjakan lidahnya dengan cemilan Geplak ini. Ditempat-tempat wisata dan tempat oleh-leh di bantul Yogyakarta banyak dijajakan jadi jikalau Anda ingin merasakan silahkan eksklusif tiba kedaerah yogyakarta dan bantul pada khususnya. 
  2. Kue Adrem. Untuk cemilan khas bantul yang satu ini warnanya coklat kehitaman dan kalau warnanya nggak coklat kehitaman maka rasanya kurang lezat katanya. Kue Adrem menggunakan materi dasar gula jawa,tepung beras dan kelapa parut.Nama asli makanan ringan ini yaitu adrem. Selain itu, masyarakat menyebutnya juga dengan nama "Tholpit", kependekan dari "k..nthol kejepit".Hal ini disebabkan bentuknya yang ibarat pecahan alat kelamin pria, yaitu skrotum, jikalau terjepit.Selain itu, tholpit juga disebut "mana tahan" yang berasal dari pernyataan jikalau alat kelamin laki-laki terjepit.Kue ini banyak dibentuk di kawasan Sanden Bantul. Makara kalau mau beli camilan anggun Adrem cari yang warna coklat kehitaman yaaa niscaya lezat rasanya. 
  3. Mie Des. Makanan khas yang satu ini banyak ditemukan di kawasan Pundong,Bantul. Mie Des yaitu maksudnya mie pedes,yaitu materi dasarnya mie yang terbuat dari pati ketela,rasanya lebih kenyal,ukurannya besar dan mie ini diiris bukan digiling. Rasanya yang pedas menciptakan para penikmat mie des ini akan banjir keringat dikala menikmatinya dan rasanya yang lezat akan memanjakan pengecap kita.Jadi kalau main ke yogyakarta terutama ke kawasan bantul jangan lupa merasakan mie des ini ,yang akan menciptakan Anda merem melek. Mie des biasanya dimasak dengan kuah atau juga tidak jadi diadaptasi dengan selera Anda.
  4. Peyek Tumpuk. Kalau cemilan yang satu ini niscaya sahabat-sahabat semua sudah pada familiar yaa..tapi peyek tumpuk agak beda dengan peyek-peyek yang ada pada umumnya dari bentuknya yang lingkaran tebal dan rasanya yang lezat dan gurih,pada awalnya nama peyek tumpuk lantaran di buat oleh mbok tumpuk sekitar tahun 1957,jadi sangat legendariskan. Penyek tumpuk materi dasarnya sama dengan peyek pada umunya yaitu tepung beras dan kacang tanah yang membedakan yaitu bentuknya yang tebal terlihat gendut gitu sahabat.Jangan lupa yaa dicoba kalau tiba ke yogyakarta.


  5. Sate Klatak. Sebutan Sate klatak berasal dari suara yang ditimbulkan dikala sate sedang dibakar yaitu klathak-klathak.Yang berbeda sate ini ditusuk dengan menggunakan jeruji besi,mengapa pakai jeruji besi lantaran besi mengantarkan panas yang baik sehingga daging yang dalam cepat mateng dan yang menciptakan berbeda juga hanya menggunakan bumbu garam saja dan biasanya ditemani dengan irisan timun,tomat dan kol. Sate klatak ini pada awalnya berasal dari kawasan pleret bantul.Walau terlihat sederhana bumbunya tapi ternyata banyak loh penikmatnya yang suka memburu kuliner ini.
  6. Gudeg Manggar. Mungkin kalau kita keyogyakarta sudah nggak absurd dengan yang namanya hidangan Gudeg,tapi gudeg yang satu ini beda dengan yang biasanya lantaran kalau gudeg yang biasanya menggunakan materi dasar nangka kalau gudeg Manggar menggunakan manggar yaitu bunga pohon kelapa yang masih muda. Menu gudeg manggar berasal awalnya dari kawasan mangir,pajangan,bantul.Biasanya gudeg manggar dicampur dengan irisan ayam,telur atau krecek.Dan rasanya tiada duanya jadi klau jalan-jalan ke Bantul,yogyakarta nggak lengkap kalau nggak mencoba hidangan gudeg manggar ini.
  7. Mie Lethek. Kalau hidangan yang satu ini dari namanya aja sudah agak gimana gitu yaaa sahabat kalau kita belum pernah mencoba mie lethek. Makara dari namanya yaitu Mie Lethek yang artinya mie kusam,karena memang warnanya kusam nggak menarik gitu.Mie ini merupakan kombinasi dari tepung tapioka dan gaplek atau tepung singkong. Hasil dari kombinasi kedua materi tersebut menghasilkan sebuah mie yang tampak kotor atau lethek.Mie ini diolah dengan cara direbus atau dapat juga  digoreng. Untuk yang  olahan rebus mie ini memiliki rasa yang sedikit pedas bahkan ada yang pedas banget dan menyegarkan. Makanan ini akan tambah nikmat jikalau dilengkapi dengan suwiran ayam, seledri, atau telur rebus. Sedangkan untuk olahan goreng, rasa yang dihasilkan cenderung anggun kareana aksesori kecap dimakanan ini. Mie Lethek diklaim lebih sehat lantaran tidak mengandung pengawet dan pemutih dikala diproduksi. Alat-alat pembuatan Mie Lethek pun terbilang tradisional yakni dengan tungku besar dan biasanya ditarik menggunakan sapi untuk menciptakan adonannya serta  dijemur memanfaatkan sinar matahari.

Post a Comment

0 Comments