10 Hal Penting Yang Wajib Diajarkan Pada Anak Kita Sebelum Usia 10 Tahun

Kita sebagai orang renta mempunyai sebuah kewajiban pada anak kita selain memberi nafkah pada anak juga harus menunjukkan pendidikan ,baik pendidikan formal maupun non formal yang akan mempunyai kegunaan bagi masa depannya. Sebelum anak kita mengijak remaja sebaiknya kita sebagai orang renta wajib menunjukkan pelajaran-pelajaran yang akan menciptakan karakternya mejadi insan yang lebih baik,terutama paham ilmu agama dan mempunyai budi pekerti yang baik.


Semua orang renta menginginkan anaknya sanggup mempunyai sifat jujur,baik simpatik dan menjadi anak yang pemberani.Agar bawah umur kita mempunyai sifat-sifat tersebut kita sebagai orang tuanya wajib menunjukkan pendidikan aksara yang baik juga .

Berikut ini ada 10 hal penting yang wajib kita ajarkan pada bawah umur kita sebelum menginjak usia 10 tahun yaitu:


  1. Jangan Takut Membuat Kesalahan. Jika anak kita berbuat salah maka ajarkan pada anak  untuk tidak takut,beri pengertian  bahwa berguru dari kesalahan yaitu hal yang luar biasa yang akan menuntun kepada pintu kesuksesan,serta beri tahu untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sudah ia perbuat.
  2. Selalu Menghormati Semua Temannya, Sebagai orang renta kita harus mengajarkan pada anak kita untuk selalu Menghormati teman-temannya dan tidak memilih-milih dalam hal berteman atau membeda-bedakan teman.Jadi anak kita harus sanggup menguasai pelajaran penting perihal menghormati sobat sepermainannya,sekolahnya dan juga pada orang yang lebih renta ataupun yang lebih muda darinya baik sobat pria ataupun sobat perempuan.
  3. Pengetahuan Lebih Utama dan Berharga daripada Nilai Yang didapat. Kita kadang sebagai orang renta murka ketika anak kita menerima nilai buruk bahkan sebagian orang renta menunjukkan eksekusi pada anaknya sehingga tidak sedikit anak menjadi trauma. Sebenarnya kita sebagai orang renta harus menunjukkan pengertian bahwa pengetahuan/pelajaran yang didapat itu yang lebih utama dan berharga serta memahami yang diajarkan itu yang terbaik daripada sekedar memikirkan nilai yang jelek. Dan beri pengertian pada anak untuk tetap semangat dan berguru lebih ulet serta kalau mengerjakan soal harus dipahami dulu jangan eksklusif dijawab. Serta kita sebagai orang renta harus menunjukkan pengertian bahwa nilai manis tapi didapat dengan mencontek itu lebih hina dan tidak bernilai alasannya yaitu sang anak tidak menjadi bakir dan paham akan pelajaran yang didapat.
  4. Orang renta bukanlah musuhmu tapi sobat yang sanggup diajak bicara apa aja. Menjadi sobat untuk anak kita sendiri bukanlah hal yang mudah,Apalagi kalau ia mempunyai sobat dekat sendiri,sebagai orang renta kita jangan terlalu memaksa.Tunjukan pada anak kita bahwa kita yaitu orang renta yang sanggup dipercaya dan sanggup memahami problem anak kita sehingga sanggup menjadi sobat curhat anak kita. Hindarilah terlalu menunjukkan nasihat  yang panjang-panjang atau bahkan berteriak-teriak pada anak kita semoga sang anak mengerti apa yang kita mau.Berusahalah menjadi pendengar yang baik dan sobat curhat anak yang nyaman sehingga ketika anak menerima masalah mereka eksklusif curhat kekita.
     
  5. Berani membela diri sendiri. Ajarkan pada anak untuk berani membela dirinya sendiri kalau diremehkan atau dibuli,tapi ingatkan pada anak bahwa membela diri sendiri bukan berarti harus dengan bertengkar/main kekerasan tapi dengan perilaku nrimo memaafkan meraka serta ajarkan pada anak untuk berani menjelaskan bahwa penilain temannya itu keliru,serta ajarkan pada anak untuk tidak gampang takut pada bahaya sobat dan kalau ada sobat yang mengancam beritahu anak untuk segera memberi tahu guru atau sanggup juga pada kita sebagai orang renta semoga orang renta sanggup menuntaskan dengan baik problem anak dengan mempertimbangkan perkembangan jiwa anak. Menghormati orang yang lebih renta dan guru memang penting, namun bukan berarti membisu saja kalau orang tersebut malah menjelekkan kita,atau berbuat tidak menyenangkan maka kita (anak) juga harus sanggup membela diri.
  6. Jangan Ikut-ikutan menjadi bandel hanya demi menerima teman. Biasanya anak menganggap bahwa menjadi terkenal atau menjadi anak gaul di antara sobat yaitu hal yang sangat penting dan menjadi sebuah keharusan yang dicapai,Sehingga anak  rela melaksanakan apa saja untuk meraihnya, bahkan berbohong dan melaksanakan kenakalan hanya demi dianggap layak menjadi teman.Sebagai Orang Tua kita harus sanggup menunjukkan teladan pada anak bahwa menjadi orang yang jujur dan terhormat jauh lebih penting, dibandingkan mengorbankan nilai pribadi hanya semoga diterima di kalangan teman. Serta ingatkan pada anak bahwa menajdi diri sendiri itu lebih baik daripada menjadi probadi orang lain yang tidak sesuai karakternya.
  7. Berani bertanya kalau tidak paham atau tidak mengerti. Ajarakan pada anak harus berani bertanya kalau tidak mengerti perihal sesuatu atau perihal pelajaran disekolah harus bertanya pada guru,jika dirumah harus bertanya pada orang tua.Beri pengertian pada anak untuk berani bertanya kalau tidak tahu daripada berpura-pura mengerti yang akan merugikan dirinya sendiri.Dan bertanya alasannya yaitu tidak tahu atau tidk paham itu yaitu hal yang sangat masuk akal dan baik jadi anak jangan takut bertanya.
  8. Berani Memberi tahu pada guru Jika sedang sakit. Kadang ada anak yang takut memberitahu guru kalau ia sedang sakit sehingga ia menahan sakitnya yang mengakibatkan penyakitnya makin memburuk dan hal ini tidak baik bagi kesehatannya apalagi pada jam olah raga anak memaksakan diri ikut olha raga pada dikala sakit alasannya yaitu takut memberi tahu pada gurunya. Berikan pemahaman pada anak bahwa tidak perlu takut  meberitahukan keadaanya yang sedang sakit dikala mengikuti pelajaran disekolah jangan takut pada guru dan beritahu pada anak juga bahwa kesehatannya sangatlah penting.
  9. Ajarkan pada anak untuk selalu menyayangi dan menjaga lingkungan sekitar. Anak kita harus diajarkan semenjak dini untuk sanggup menyayangi dan menjaga lingkungan sekitar sehingga mereka tidak akan merusak lingkungan dan menjaga ekosistem yang ada. Hal ini harus dimulai dari diri kita sebagai orang renta dengan menunjukkan referensi membuang sampah pada tempatnya,dan mengajak anak berkebun semoga anak lebih paham perihal arti menyayangi lingkungan. Mengajarkan anak perihal menyayangi dan menjaga lingkungan mencakup menyayangi tanaman,hewan yang ada dilingkungan dan ajarkan cara menjaganya.
  10. Berani berguru menyampaikan TIDAK. Ajarkan anak untuk berani berkata TIDAK  pada temannya,orang dewasa,guru bahkan pada orang tuanya sendiri kalau itu tidak sesuai dengan kemauannya dan ajarkan anak untuk sanggup menunjukkan alasan alasannya yaitu bilang TIDAK pada undangan sobat atau siapapun, atau ada yang mengajak kepada keburukan yang akan mencelakakan diri anak maka anak kita harus berani bilang TIDAK. Jangan biarkan anak menjadi terlalu patuh atau penurut pada orang lain alasannya yaitu sanggup berdampak buruk baginya.Dengan mengajarinya barini bilang TIDAK dikala dibutuhkan, ia tidak akan gampang termakan atau terkena rayuan predator seksual. Begitu pun ketika beranjak dewasa, ia sanggup mempunyai pendirian yang teguh tanpa ikut-ikutan arus pergaulan yang sanggup menjerumuskan dirinya.


Sumber artikel : brightside.me

Post a Comment

0 Comments